Deskripsi

Membangun Kabupaten Sinjai dengan citra dan identitas kreatif merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan peluang dan potensi usaha kreatif di desa agar masyarakat dapat mandiri secara ekonomi. Melihat ketangguhan para pelaku industri kreatif di masa pandemi Covid-19 yang dengan cepat beradaptasi dan kembali produktif memberikan inspirasi bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai untuk lebih serius memaksimalkan potensi daerah dengan pola pendekatan ekonomi kreatif. Tentunya prakarsa ekonomi kreatif di suatu daerah bukan pekerjaan mudah dan tidak dapat dilakukan secara parsial, tetapi membutuhkan kolaborasi partisipatif dari berbagai pemangku kepentingan.
Perekayasaan sebuah daerah agar masyarakatnya memiliki kreativitas yang berasal dari pengetahuan dan ide yang juga inovatif merupakan sebuah jalan panjang karena sama halnya dengan sebuah komoditas yang unggul, tentunya juga harus berasal dari bibit yang unggul dengan segala perlakuan perawatan yang mendukung pertumbuhan yang optimal.
Sejalan dengan visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sinjai untuk menumbuhkan 1000 wirausaha baru, pengembangan ekonomi kreatif diharapkan dapat menjadi motor penggerak percepatan penumbuhan ekonomi daerah yang inklusif dan berdaya saing. Sangat penting untuk memiliki sebuah dokumen yang menjadi pedoman perencanaan dan penunjuk jalan, agar semua pihak yang terlibat dapat memahami dan mengetahui ujung dari jalan panjang ini sehingga dapat terbangun konsensus untuk menjawab kebutuhan penumbuhan ekonomi kreatif dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Download Dokumen Hasil Kajian : Download