KOMODITI POTENSI UNGGULAN DAERAH

Penentuan komoditas unggulan daerah merupakan salah satu faktor kunci pengembangan ekonomi daerah. Sebagai suatu strategi pembangunan, terutama terkait otonomi daerah, pengembangan komoditi unggulan daerah dinilai memiliki kelebihan karena dianggap bahwa daerah yang mengembangkan metode ini relatif lebih mandiri dalam mengembangkan ekonominya. Banyak metode yang digunakan dalam penentuan komoditas unggulan daerah seperti produk khas, luas lahan, jumlah usaha, produktivitas komoditi, penyerapan tenaga kerja, aspek pemasaran, keunggulan kualitas dan harga produk dan sebagainya.

Kabupaten Sinjai merupakan salah satu dari 24 Kabupaten/Kota dalam wilayah Provinsi Sulawesi Selatan yang memiliki potensi cukup besar di sektor pertanian, perkebunan dan perikanan. Beberapa komoditas unggulan di Kabupaten Sinjai khususnya bahan pangan memberikan konstribusi besar terhadap PDRB. Sehingga sangat memungkinkan untuk melaksanakan pengembangan pada komoditi-komoditi unggulan yang ada. Dengan ditunjang potensi alam dan iklim yang mendukung upaya pengembangan komoditi, maka diharapkan kesejahteraan masyarakat akan ikut meningkat.

Pada tahun 2018 telah dilaksanakan Kajian Identifikasi Komoditi Unggulan Daerah di Kabupaten Sinjai yang dilaksanakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kab. Sinjai bekerjasama dengan Tim Ahli dari LP2M Universitas Hasanuddin. Tujuan pelaksanaan kajian ini yakni:

  1. Melakukan indentifikasi secara luas terkait potensi komoditi strategis daerah di Kabupaten Sinjai;
  2. Menentukan komoditi unggulan di Kabupaten Sinjai sebagai komoditi strategis daerah; dan
  3. Melakukan kajian terhadap wilayah – wilayah sentra pengembangan komoditi strategis daerah.

Hasil kajian ini merupakan dokumen yang diharapkan dapat bermanfaat bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai dalam mengambil kebijakan pengembangan komoditi strategis unggulan daerah dan juga bagi pihak swasta atau investor guna mendapatkan informasi secara jelas dan benar tentang potensi pengembangan komoditi strategis daerah.

Hasil kajian ini memuat komoditi daerah dalam beberapa klasifikasi berdasarkan analisis Tipologi Klassen yakni Komoditi Prima, Komoditi Berkembang, Komoditi Potensial dan Komoditi Terbelakang. Kemudian komoditi tersebut disusun berdasarkan peringkat yang secara rangkum dapat dilihat pada tabel berikut:

Secara lengkap Dokumen hasil Kajian Identifikasi Komoditi Unggulan Daerah Kab. Sinjai dapat diunduh pada tautan ini >>>

  • Silahkan klik : [Download]
  • Back To Top