Gambaran Umum

Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah, disingkat Balitbangda, adalah organisasi pemerintah daerah yang dipimpin oleh seorang Kepala Badan yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah. Pada awalnya, Organisasi Litbang daerah sinjai tergabung sebagai sebuah bidang pada Badan Perencanaan Pembangunan, Peneltian dan Pengembangan Daerah atau disingkat Bappeda, namun sejak tahun 2016 berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sinjai Nomor 83 Tahun 2016, Bidang Penelitian dan Pengembangan berdiri menjadi sebuah OPD yaitu Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah. Kantor Balitbangda Kabupaten Sinjai beralamat di Jalan Ahmad Yani No.3 Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai atau terletak di sebelah selatan Stadion Sepakbola H. Andi Bintang, berada dalam kompleks perkantoran kantor bupati lama bersama Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sinjai, Kantor Dinas Perindustrian Perdagangan dan ESDM dan sejumlah Kantor OPD lainnya.

dalam  menjalankan tugasnya Kepala Badan dibantu oleh Sekertaris Badan dengan dua Kepala Sub Bagian, dua Kepala Bidang yang masing-masing membawahi tiga Kepala Sub Bidang, dan Kelompok Jabatan Fungsional.

Kedua sub bagian itu adalah; Sub Bagian Program dan Keuangan, dan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian. Adapun kedua Bidang Kelitbangan, yaitu;

  1. Bidang Sosial, Ekonomi dan Pemerintahan dengan Sub Bidang Sosial, Ekonomi, Dan Pemerintahan; Sub Bidang Ekonomi; dan Sub Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pengkajian Peraturan.
  2. Bidang Pembangunan, Inovasi dan Teknologi dengan Sub Bidang Inovasi dan Teknologi; Sub Bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup; dan Sub Bidang Pengembangan Wilayah Fisik dan Prasarana.

Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Sinjai saat ini memiliki 18 orang Pegawai Negeri Sipil dan 10 orang tenaga sukarela.

Tugas Pokok dan Fungsi

Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Sinjai mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagaimana  diatur  dalam pasal 4 sampai pasal 15 Peraturan Daerah Kabupaten Sinjai Nomor 83 Tahun 2016 tentang Susunan Organisasi, Kedudukan, Tugas Pokok Dan Fungsi Serta Tata Kerja Badan Penelitian Dan Pengembangan Daerah. Adapun Tugas Pokok dan Fungsi sebagai berikut :

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah mempunyai tugas pokok membantu Bupati melaksanakan urusan Pemerintahan bidang penelitian dan pengembangan daerah yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang ditugaskan kepada Pemerintah Daerah.

Badan dalam melaksanakan tugas pokok, menyelenggarakan fungsi  sebagai berikut:

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang penelitian dan pengembangan Daerah;
  2. penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum bidang penelitian dan pengembangan Daerah;
  3. pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang penelitian dan pengembangan Daerah;
  4. pengelolaan administrasi umum meliputi ketatalaksanaan, keuangan, kepegawaian dan peralatan;
  5. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan urusan pemerintahan di bidang penelitian dan pengembangan Daerah; dan
  6. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.

Tugas pokok Badan meliputi :

  1. merumuskan kebijakan teknis di bidang penelitian dan pengembangan Daerah;
  2. menyelenggarakan urusan pemerintahan dan pelayanan umum bidang penelitian dan pengembangan Daerah;
  3. membina dan menyelenggarakan pelaksanaan tugas di bidang penelitian dan pengembangan Daerah;
  4. melaksanakan administrasi umum meliputi ketatalaksanaan, keuangan, kepegawaian dan peralatan;
  5. melakukan evaluasi dan pelaporan urusan pemerintahan di bidang penelitian dan pengembangan Daerah; dan
  6. melaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi