Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang diturunkan menjadi Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah mengamanatkan perubahan Perangkat Daerah yang memuat ketentuan-ketentuan dalam pembentukan satuan kerja perangkat daerah, jenis, kriteria tipelogi, kedudukan tugas dan fungsi Perangkat Daerah.Peraturan tersebut merupakan Pedoman bagi Pemerintah Daerah baik provinsi maupun Kabupaten/Kota dalam rangka penataan Kelembagaan Perangkat Daerah untuk pembentukan organisasi perangkat daerah yaitu Dinas, Badan, Sekretariat, Kecamatan serta Kelurahan.

Pemerintah Kabupaten Sinjai, menindaklanjuti kebijakan Pemerintah Pusat tersebut dengan membentuk Struktur Organisasi Tata Kelola yang baru, melalui Perda Kabupaten Sinjai Nomor 05 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah. Sehingga mulai tahun 2017, berdirilah Badan Penelitian Pengembangan Daerah (Balitbangda) yang sebelumnya tergabung sebagai Bidang pada Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) . Dimana Badang Litbang, membawahi 2 (dua) bidang yaitu Bidang I Sosial, Ekonomi dan Pemerintahan dan Bidang II Pembangunan, Inovasi dan Teknologi.

Dengan naiknya posisi litbang yang sebelumnya setingkat bidang menjadi sebuah badan daerah, maka peran litbang menjadi lebih strategis. Badan Litbang yang diamanahkan mengelola anggaran secara mandiri harus mampu memberikan solusi pemecahan permasalahan  Kabupaten Sinjai, yang dapat dijadikan dasar dalam pengambilan kebijakan strategis di daerah, terutama dalam menghadapi berbagai peluang, tantangan dan permasalahan daerah yang ada.

Penelitian dan pengembangan sebagai wadah pemikiran (think tank) dan penggerak kegiatan kelitbangan dan inovasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sinjai sesuai amanat Undang Undang Nomor  18 Tahun 2002 Tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan IPTEK serta amanat Permendagri Nomor 17 Tahun 2016 tentang Pedoman Penelitian dan Pengembangan di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintahan Daerah. Kegiatan penelitian dan pengembangan diharapkan menjadi ujung tombak pelaksanaan pembangunan dalam pengambilan kebijakan strategis daerah secara terarah, terkoordinasi, terpadu, dan berkesinambungan dalam rangka mencapai tujuan pembangunan.

Dengan keberadaan website ini, diharapkan hasil-hasil penelitian dan pengembangan daerah dapat disosialisasikan dan dapat dimanfaatkan secara luas terutama Pemerintah Daerah sebagai rujukan dalam mengambil kebijakan dan melaksanakan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh OPD teknis di daerah.